MAKALAH
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS
E-LEARNING
Dosen pengampu/ Hayatul Mughiroh S.Pdi
Disusun oleh kelompok 12
Diargo
hendroan doni
Devi
fitriani
Ririn
dwi handayani
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
STKIP YPM BANGKO
2010
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
allah SWT yang mana atas berkat dan rahmatnya kami masih diberi kesempatan
untuk menyelesaikan penulisan makalah yang berjudul “model
pembelajaran berbasis e-learning”
ini tepat pada waktunya.
Dalam menyusun makalah ini banyak kendala
yang penulis hadapi hal ini sulitnya menemui langsung nara sumber yang ada,
namun berkat kesabaran penulis dengan menggunakan sistem informasi yang ada
yang diperoleh dari buku dan internet, sehingga dapat tercapailah tujuan
penulis untuk menyelesaikan makalah ini.
Penulis
menyadari bahwa makalah ini masih terdapat kekurangan, baik isi maupun
penulisannya, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca
sehingga dapat membangun untuk kesempurnaan makalah ini dimasa mendatang.
Bangko,
September 2011
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL ...................................................................................
KATA
PENGANTAR................................................................................... i
DAFTAR
ISI................................................................................................. ii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang...........................................................................
1
1.2 Rumusan Masalah .................................................................. 2
1.3 Tujuan Penulisan …………………………………………………. 2
1.4 Manfaat Penulisan ……………………………………………….. 2
BAB
II PEMBAHASAN
2.1
Penegertian, karakteristik dan
keunggulan e-learning............
3
2.2
Pengembangan model e-learning ............................................ 4
2.3
Teknologi pendukung e-learning............................................
5
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan .............................................................................. 6
3.2
Saran-saran ............................................................................. 6
DAFTAR PUSTAKA
ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Berkembangnya tehnologi dan ilmu
informasi dan komunikasi member dampak terhadap berbagai sendi kehidupan,
terhadap terhadap dunia pendidikan member pengaruh yang luar biasa. Berbagai
model pembelajaran dengan memanfaatkan computer seperti : e-learning
(electronic learning) computer Assisted instruction(CAI), computer based
instruction (CBI), dan e- teaching (electronic teaching). Model pembelajaran tersebut
memungkinkan dosen dan mahasiswa mencari bahan pembelajaran sendiri langsung
dari situs internet melalui computer sebagai sumber pembelajaran . dengan cara
memahami computer dosen dan mahasiswa dapat mengakses pembelajaran melalu
jaringan intra dan internet, dan melalui CD dapat mempelajari bahan
pembelajaran secara interaktif dan mnarik, tanpa harus didampingi oleh dosen
secara langsung.
Perkembangan
teknologi internet memberikan nuasa system pembelajaran jarak jauh yang lebih
terbuka lagi. System pembelajaran yang berbasis web yang popular dengan sebutan
electronic learning (e-learning), web-based training (WBT) atau kadang disebut
web-based education(WBE), kampus maya (Virtual camous), m-learning(mobile
learning) dan lain-lain. Keunggulan belajar jarak jauh yang ditawarkan oleh
teknologi ini adalah akses kesumber belajar semakin tebuka dan luas, cepat dan
tidak terbatas pada ruang waktu. Kegiatan pembelajaran dapat dengan mudah oleh dosen dan mahasiswa, kapan saja dan
dimana saja dengan rasa nyaman dan menyenangkan. Batasan ruang, waktu dan jarak
tidak lagi menjadi masalah rumit untuk dipecahkan. Melalui teknologi e-learning
dosen dan mahasiswa dapat melakukan konferensi, diskusi, konsultasi secara
elektronik (electronic conference)tanpa harus bertemu disuatu tempat.
1.2.Rumusan masalah
sebelum memasuki pembahasan ini banyak sekali muncul pertanyan diantaranya: apa pengertian apa itu e-learning dan apa fungsinya?
sebelum memasuki pembahasan ini banyak sekali muncul pertanyan diantaranya: apa pengertian apa itu e-learning dan apa fungsinya?
1.3.
Tujuan penulisan
Sebagai penulis kami sangat mengharapkan
bagi pembaca dapat memahami secara mudah tentang model pembelajaran berbasis
e-learning. Hal ini dapat digunakan sebagai bekal dikemudian hari ketika telah
mendidik.
1.4. Mamfaat penulisan
Manfaat penulisan ini ialah agar
bisa memahami tentang model pembelajaran berbasis e- learning dan apa
fungsinya dalam kehidupan didunia ini
khususnya dunia pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Penegertian, karakteristik dan
keunggulan e-learning
a.
Penegrtian
e-learning
Menurut jaya kumar
C.koran (2002) e-learning pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik
(LAN,WAN,atau internet)untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau
bimbingan. Adapula yang menafsirkan e-learning sebagai bentuk pendidkan jarak
jauh yang di lakukan melalui media internet. Sedangkan Dong (dalam kamarga,
2002) mendefinisikan e-learning sebagai kegiatan belajar asynchoronous melalui
perangkat elektronik computer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan
kebutuhannya.
Jadi dapat kami simpulkan e –learning adalah
pembelajaran jarak jauh yang menggunakan rangkaian elektronik yang dilakukan
melalui media internet untuk menyampaikan isi pembelajaran,interaksi atau
bimbingan yang memperoleh bahan belajar sesuai dengan kebutuhanya
b.
Karakteristik
e-learning
Karakteristik
e-learning,antara lain.
pertama,memanfaatkan
jasa teknologi elektronik;dimana dan mahasiswa,mahasiswa dan sesama mahasiswa
atau dosen dan sesama dosen dapat berkomunikasi dengan relatif mudah dengan tanpa di batasi oleh hal-hal
yang protokoler.
Kedua, memanfaatkan
keunggulan computer (digital media dan networks).
ketiga,menggunakan
bahan ajar bersifat mandiri (self learning matrials) di simpan di computer
sehingga dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa kapan saja dan di mana saja
bila yang bersangkutan memerlukannya.
Keempat, memanfaatkan jadwal
pembelajaran, kurikulum, has ail kemajuan belajar dan hal-hal yang berkaitan
dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat dikomputer.
c.
Keunggulan
e-learning
Ada
beberapa keunggulan pengembangan program pembelajaran melalui e-learning yaitu
:
1. Sangat
dinamis,program pembelajaran e-learning dapat di sajikan dalam berbagai format
sajian yang menarik,atraktif dan interaktif.
2. Di
operasikan sepanjang waktu sehingga dosen dan mahasiswa dapat memperoleh
informasi materi/bahan pembelajaran yang di perlukan di saat memerlukannya.
3. Belajar
secara individual,setiap mahasiswa dapat memilih format atau model pembelajaran
yang diinginkan dan yang lebih relavan dengan latar belakangnya setiap saat
4. Bersifat
komprehensip, menyediakan berbagai bentuk kegiatan pembelajaran dari berbagai sumber yang
memungkinkan mahasiswa untuk memilih suatu format atau metode belajar dan latihan yang disediakan
2.2 Pengembangan model e-learning
Pendapat haughey (1998)
tentang pengembangan e-learning.
Menurutnya ada tiga kemungkinan dalam pengembangan system pembelajaranberbasis
internet, yaitu web course, web centric course,dan web enchaced course.
Web course dalah
pengunaan internet untuk keperluan pendidikam, yang man mahasiswa dan dosen
sepenuhnya terpisah dan tidak diperlukan adanya tatap muka.Seluruh bahan
ajar,diskusi, konsultasi, penugasan, latihan, ujian, dan kegiatan pembelajaran
lainnya sepenuhnya disampaikan melalui internet. Dengan kata lain model ini
mengunakan jarak jauh.
Web centric course
adalah pengunaan internet yang memadukan antara belajar jarak jauh dan tetap
muka (konversional).sebagian materi di sampaikan melalui internet ,dan sebagian
lagi melalui tatap muka.fungsinya saling melengkapi.dalam model ini dosen bisa
memberi kan petunjuk pada mahasiswa untuk memmahasiswai materi perkuliahan
melalui web yang telah dibuatnya.
Web enhanced course
adalah pemamfaatan internet untuk penunjang peningkatan kualitas pembeajaran
yang dilakukan dikelas. Fungsi internet adalah untuk memberikan pengayaan dan
komunikasi antara mahasiswa dengan dosen, sesame mahasiswa, anggota kelompok,
atau mahasiswa dengan nara sumber lainya.
2.3 Tekhnologi Pendukung E-Learning
Dalam prakteknya
e-learning memerlukan bantuan teknologi. Karena itu dikenal istilah:
Computer basic
learning(CBL) yaitu pembelajran yang sepenuhnya mengunakan alat bantu utama
computer.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Dari pembahasan diatas dapat kami
simpukan bahwa
e –learning adalah pembelajaran jarak
jauh yang menggunakan rangkaian elektronik yang dilakukan melalui media
internet untuk menyampaikan isi pembelajaran,interaksi atau bimbingan yang
memperoleh bahan belajar sesuai dengan kebutuhanya.
Ada
beberapa keunggulan pengembangan program pembelajaran melalui e-learning yaitu
:
1
Sangat dinamis,program pembelajaran
e-learning dapat di sajikan dalam berbagai format sajian yang menarik,atraktif
dan interaktif.
2
Di operasikan sepanjang waktu sehingga
dosen dan mahasiswa dapat memperoleh informasi materi/bahan pembelajaran yang
di perlukan di saat memerlukannya.
3
Belajar secara individual,setiap
mahasiswa dapat memilih format atau model pembelajaran yang diinginkan dan yang
lebih relavan dengan latar belakangnya setiap saat
4
Bersifat komprehensip, menyediakan
berbagai bentuk kegiatan pembelajaran
dari berbagai sumber yang memungkinkan mahasiswa untuk memilih suatu format
atau metode belajar dan latihan yang
disediakan
3.2 Saran
Dalam pembelajaran berbasis e-learning hendaknya bukan hanya
mempelajari secara teoritis saja tetapi
juga harus dipelajari secara praktikum supaya semua mahasiswa mudah memahami
tentang e-learning
DAFTAR PUSTAKA
Purbo, Onno W. 2003. E-Learning
dan Pendidikan. Artikel Dalam Cakrawala Pendidikan Universitas
Terbuka. Siahaan, Sudirman. 2004. E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Sumber dari internet.
Simamora, Lamhot S.P. 2003. E-Learning : Konsep dan Perkembangan teknologi Yang Mendukungnya. Artikel dalam Cakrawala Pendidikan Universitas Terbuka.
7
Tidak ada komentar:
Posting Komentar