Rabu, 07 Desember 2011

kampung halamam

kampung

GUNUNG MASURAI (2.980 m dpl)

Gunung ini berada di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), tepatnya di dusun Sungai Lalang Kecamatan Muara Siau dengan ketinggian 2.980 mdpl, 110 km dari sebelah barat bangko atau 370 km dari kota jambi, mempunyai panorama indah, pada bagian puncak terdapat 2 danau vulkanik,yaitu danau kumbang dan danau mabuk. Dusun Sungai Lalang adalah titik awal pendakian. Dusun ini dapat dicapai dengan menumpang kendaraan umum dari Pasar Bawah Bangko selama 5 jam perjalanan. Ongkosnya, sekitar Rp 15.000.

Dari pinggir jalan dusun, kegagahan puncak Masurai tampak jelas. Tentu ini memancing semangat pendakian. Kadang-kadang energi berlebihan memunculkan kecerobohan. Buktinya, mencari pintu masuknya saja tak mudah. Itu sebabnya, persiapan matang mutlak diperlukan.
Home Stay – Pintu Rimba

Lintasan yang paling seru dan menantang adalah ketika mencoba meraih puncak Masurai di Jambi. Lantaran jarang didaki, jalur tak begitu kentara. ”perjalanan menuju pintu rimba (batas hutan dengan ladang penduduk) saja susah setengah mati. Waktu tempuh menuju pintu rimba yaitu 2 jam.




Pintu – Shelter 1

Perjalanan menuju TOP Masurai harus melewati lahan perladangan masyarakat, pintu rimba, shelter 1, danau mabuk, puncak 1, danau kumbang, dan shelter 2. Selanjutnya dari pintu rimba menuju shelter 1 membutuhkan waktu tempuh 3 jam dengan melewati semak belukar. Kondisi jalur yang kurang begitu jelas.
Shelter 1 – Puncak 1

Dari shelter 1 menuju puncak 1 membutuhkan waktu tempuh 2 jam. Kondisi alam dengan keadaan hutan lembab menjadi cirri khas gunung ini. Sebelum puncak 1, harus melewati simpangan danau mabuk. Untuk mencapai danau mabuk membutuhkan waktu 2 jam. Konon katanya danau ini susah untuk dituju, bahkan memerlukan waktu lebih dari 5 jam hal ini dikarenakan mistik yang masih kuat. ”kata penduduk setempat”.

Puncak 1 – Danau Kumbang

Dari puncak 1 menuju danau kumbang berjalan 20 menit untuk tiba di danau ini yang sekaligus menjadi tempat peristirahatan (ngecamp) dengan pemandangan danau membentang persis dihadapan dome berdiri. Gumpalan FP menyarankan sebelum pemuncakan sebaiknya ngecamp di danau kumbang ini.

Danau Kumbang – Shelter 2

Dari danau kumbang menuju puncak harus melewati shelter 2 dengan waktu tempuh 1 jam. Track yang dilewati relatif datar melewati tetumbuhan lumut. keadaan hutan yang lebat belum banyak campur tangan oleh manusia.
Shelter 2 – TOP Masurai
Dari shelter 2 menuju TOP Masurai membutuhkan waktu 1 jam. Kondisi jalur menuju TOP Masurai melewati jalur akar denagn keadaan sekitar tergolong lembab. Di sekeliling TOP Masurai terdapat semak-semak dengan tinggi berkisar 2 meter. Keadaan alam lembab. (G.X.080.SM)

1 komentar:

  1. Tritanium Art - Team Fortress - ITanium Art - Team Fortress
    Tritanium Art, zinc oxide and titanium dioxide sunscreen Team Fortress, The microtouch solo titanium First 2019 ford ecosport titanium Respawn. All titanium ring times. Coordinate: 6.8675. trekz titanium UPC: 656288600571613.

    BalasHapus