Rabu, 07 Desember 2011

perbedaan KTSP dan KBK dari prinsipnya

APA PERBEDAAN KBK DAN KTSP
Jika dilihat dari definisinya sebenarnya perbedaan esensial antara KBK dan KTSP tidak ada, keduanya sama-sama seperangkat rencana pendidikan yang berorientasi pada kompetensi dan hasil belajar peserta didik. Perbedaannya nampak pada teknis pelaksanaannya. Jika KBK disusun oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Depdiknas (c.q. Puskur); sedangkan KTSP disusun oleh tingkat satuan pendidikan masing-masing, dalam hal ini sekolah yang bersangkutan, walaupun masih tetap mengacu pada rambu-rambu nasional Panduan Penyusunan KTSP yang disusun oleh badan independent yang disebut BSNP.

Jika dilihat dari prinsipnya, KBK dan KTSP mempunyai prinsip-prinsip sebagai berikut:

Prinsip KBK yaitu:
Keimanan, nilai, dan budi pekerti luhur Penguatan integritas nasional Keseimbangan antara etika, logika, estetika, dan kinestetika Kesamaan memperoleh kesempatan Abad pengetahuan dan teknologi informasi Pengembangan kecakapan hidup Belajar sepanjang hayat Berpusat pada anak dengan penilaian yang berkelanjutan dan komprehensif Pendekatan menyeluruh dan kemitraan
 

Prinsip KTSP adalah sebagai berikut:
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya. Beragam dan terpadu Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni Relevan dengan kebutuhan kehidupan Menyeluruh dan berkesinambungan Belajar sepanjang hayat Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar